Pria Ini Membuat Suara Piano Dari Buah Pisang?

piano rytm keyboard pisang buah pisang fruit piano arduino stian

theAsdos - Dunia saat ini sedang dibanjri orang-orang jenius yang dapat membuat anda terkagum-kagum melihat idenya yang kadang gila tapi menajubkan.

Baca juga: Robot Menyeramkan Ciptaan Harvard Ini Bakal Membantu Para Medis Di Masa Depan

Mengutip dari hackday.com, Sabtu (24/02/2018), salah seorang ilmuan gila telah menciptakan piano dari satu sisir buah pisang. Dia adalah Stian Eikeland, seorang Developer dan juga Hacker yang berasal dari kota bagian Bergen, Norway.


Merangkum dari blog pribadinya (blog.eikeland.se), penelitiannya terhadap satu sisir buah pisang dan alat yang disebut Arduino itu memang sudah dia rencanakn sebelum keponakannya bertsmu ke rumahnya, katanya untuk mempertahankan citranya sebagai paman ilumuan gila.

(Referensi gambar: stianeikeland)

Melalui Arduino dan beberapa baris kode yang sudah dia rancang, sebuah pisang dapat menghasilkan nada-nada piano yang kemdian menjadi musik instrumen pendek khas Swedish.

Cara kerjanya sederhana, mula-mula Stian menancapkan pin ke masing-masing buah pisang, dan kmudian pin dihubungkan dengan alat kecil bernama Ardunio. Saat pisang disentuh, pin tersebut akan mengirimkan sinyal ke mikrokontroler dan mentransmisikannya menjadi karakter dari 0 sampai 7. Pada saat yang sama, karakter tersebut diubah menjadi bilangan int menggunakan serial-port Clojure.

Baca juga: Ngeri! Ternyata 3 Merek Laptop Ini Sering Digunakan Oleh Hacker

"Dengan cara membuat piano pisang seperti ini, kita bisa menghemat pengeluaran tanpa membatasi kegilan kita terhadap suara piano," tegas Stian lewat tulisannya.

Nah, dibawah ini video singkat yang menunjukan Stian menunjukan penelitiannya.



Pria Ini Membuat Suara Piano Dari Buah Pisang? Pria Ini Membuat Suara Piano Dari Buah Pisang? Reviewed by Unknown on February 28, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.