Canggih! AI ini Bisa Membuat ulang GAME Super Mario Bros Hanya dengan Cuplikan Gameplay

Nitendo

Kalau yang selama ini kita melihat Developer game dalam membangun sebuah game membutuhkan kode dan beberapa tool pendukung lainnya. Tapi AI justru bisa membangun game hanya dengan menonton beberapa cuplikan gameplay. Kedengarannya sih mustahil, tapi itulah kenyataannya.
Tidak lama ini, para peneliti di Institut Teknologi Georgia telah mengumumkan penemuan barunya lewat makalah yang berjudul “Game Engine Learning from Video,” yang menggambarkan sebuah sistem AI yang bisa menciptakan kembali game Super Mario Bros hanya dengan cuplikan video gameplay.

Selain itu, tim yang dipimpin oleh Mahasiswa PhD Matthew Guzdial juga menjelaskan bahwa dalam waktu kurang dua menit menonton gameplay, AI dapat membangun kembali bentuk-bentuk yang ada di permainan, dan mencari peraturan yang menjelaskan tindakan tersebut. Dibawah ini adalah hasil uji coba AI pada game Mega Man:

kiri: game asli Mega Man, kanan: game AI Mega Man

"Teknik ini begantung pada algoritma pencarian yang relatif sederhana yang mencari melalui sekumpulan aturan yang mungkin dapat memprediksi sekumpulan transisi frame," Jelas Mark Riedl, salah seorang associate komputasi interaktif dan co-investigator dalam proyek tersebut.
Para peneliti memilih game Super Mario Bros karena sifatnya yang masih tergolong 2D dan kurang kompleksitasnya. Tapi bukan hal yang mustahil kalau sampai menciptakan kembali game yang sifatnya 3D, bahkan salah satu tim dari Georgia pun menegaskan, “teknologi seperti ini tidak akan berbenti samapi disini, hari ini mungkin hanya bisa menciptakan kembali game 2D, besok AI kami bisa menafsirkan situasi di kehidupan nyata”.
Guzdial juga berbagi video yang memberitahu cara kerja AI mereka:


Canggih! AI ini Bisa Membuat ulang GAME Super Mario Bros Hanya dengan Cuplikan Gameplay Canggih! AI ini Bisa Membuat ulang GAME Super Mario Bros Hanya dengan Cuplikan Gameplay Reviewed by Unknown on September 13, 2017 Rating: 5

5 comments:

  1. keren bos , emang dunia semakin modern aja ya . Tekhnologi semakin canggih.
    Semoga saja dengan kecanggihan ini tidak membuat manusia malas bergerak

    ReplyDelete
  2. game kesukaan waktu main ninetendo

    ReplyDelete
  3. wah keren abis
    bener-bener kreatif

    ReplyDelete
  4. mantap jiwaaa, makin canggih aja ni jaman :)

    ReplyDelete
  5. Tambah canggih aja teknologi jaman sekarang

    ReplyDelete

Powered by Blogger.